Terlambat Bicara

Hari ini gak sengaja aku ketemu sama anak kecil yang bener2 imut dan lucu deh pokoknya. Kulitnya putih bersih, rambutnya ikal sebahu, pipinya chubby banget. Bener2 bikin gemeeeeesssss...........
Aku ketemu dia di tempat jualan kolak sore menjelang buka puasa. Dia berdiri disamping ibunya sambil ngeliatin aku trus senyum2... Iiih tambah bikin gemes deh. Cantik kayak boneka... Asli gak pke bo'ong! Dan akhirnya saking gemesnya aku ajak ngobrol deh... Kayaknya dia umurnya sekitar 5 taunan.
"Halo... Beli kolak buat buka yah?" *dengan senyumku yang manis banget* Ahahaha...
Dia angguk2 sambil senyum trus menatap ibunya. Ibunya membalas senyumnya dan senyum juga padaku.
"Ade' puasa sayang?"
Satu detik...dua detik...tiga detik...empat detik... Dia gak jawab. Dia menatap ibunya lagi trus ngliatin aku dengan muka bingungnya yang masih aja lucu banget.. Gak lama ibunya yang jawab "Ooh.. ade' tadi puasa tante.. tapi jam 11 udah buka.."
Aku senyum trus bilang "Mmm.. Pinter yah.. Ade' udah sekolah?". Dia angguk2 lagi trus ngeliatin ibunya lagi.. "Iyah ade' udah sekolah ya.. TK kelas besar tante. Bentar lagi SD ya de' ya..". Ibunya senyum ke aku trus aku balik senyum deh... Samar aku denger anak itu bilang "Heheh" Mungkin maksudnya 'He eh' kali ya...
Tapi aku bingung kok anak itu gak ngomong sendiri aja ya? Oops, kayaknya si ibu tu ngerti klo aku lagi heran sama anaknya.
"Dia gak bisa bicara jelas. Tapi dia bisa denger normal kok. Cuma masih bingung kalo ngomong jadi lebih banyak diamnya klo diajak ngobrol. Agak telat. Maaf yah..." Ibunya yang ramah itu senyum ke aku sambil permisi cos udah slese beli2nya.
Tapi klo dicombine dari kata2 ibunya hmm... pendengaran normal, bicara gak jelas, bingung mau ngomong, dan telat. Trus yang aku liat dia ekspresif, tanggap sama omongan ibunya, dia juga ngerti apa yang aku omongin, respon baik (mengangguk), cuma gak pke ngomong hanya gerak tubuh ajah.
Anak seumur itu bingung ngomong? Mmmm... Mungkin kemampuan bicaranya ya yg telat? Kenapa yah? Kalo dibilang autis, kayaknya dia masih bisa berusaha berkomunikasi lewat ekspresi mukanya ya. Disamping itu dia tanggap sama apa yang diomongin ibunya. Waktu ibunya nyuruh dia nerima uang kembalian dari penjual kolak, responnya bagus and cepet tuh. Dia juga sempet jawab pertanyaan ibunya walopun cuma satu kata itu aja yang dia ucapin "Heheh"dan mengangguk waktu aku tanya. Gak bisa bicara jelas itu maksudnya apa ya? Apa cedal? Makanya dia gak mau ngomong karena malu? Gara2 sering diejek mungkin... Ya...ya...ya... Bisa jadi juga ya.
Sayang yah cuma ngobrol sebentar jadi gak banyak yang aku tau lagi. Cuma bisa mengira-ngira ajah dari sini... Soalnya ada beberapa hal tuh yang termasuk dalam gangguan leterlambatan bicara atau bahasa, tinggal keterlambatan itu termasuk dalam kategori yang mana. Kapan-kapan deh kita obrolin lebih banyak lagi dan lebih jelas.

2 comments:

Antown said...

tanggal postingan mana ya? jadi penasaran nih..

salam kenal

Anonymous said...

he.. telat ngomong ya, kebanyakan yang saya tau tar kalo pas dah bisa ngomong maunya ngomoooooooooooo terus

he.. salam kenal lagi deh :D

@antown
*sotoy mode on*
hari ini juga kayaknya mas tadi sore tepatnya
*sotoy mode off*
:p